Kamis, 03 September 2015

14 karakter orang sukses

1. Mengenal diri

                    Mengenal diri ialah suatu pikiran yang menyatakan bahwa kita menyadari baik maupun buruk, lebih maupun kurang yang ada pada diri kita baik jasmani(Materi dan fisik) maupun rohani(jiwa dan mental). Dalam agama pun, mengenal diri sendiri adalah mensyukuri anugerah yang telah diberikan oleh Yang Maha Kuasa.

                     Seringkali, kita merasa tidak tahu kemana arah kita akan melangkah dimasa depan, apa yang akan kita rencanakan untuk dilakukan dimasa depan, ataupun ingin menjadi apa kita dimasa depan, apa kelebihan saya? apa kekurangan saya?
Berikut beberapa tips cara untuk mengenali diri sendiri:

  1. Cari tahu apa yang menjadi keunggulan dalam diri kita di dunia nyata. (ex: hobby, keterampilan, dll)
  2. Cari tahu apa yang lemah dalam diri kita di dunia nyata.(ex:pemalu/minder, sombong, malas,dll)
  3. Ubah cara hidupmu, Ubah cara pikirmu yang lemah.
  4. Latih dan kembangkan potensi kelebihan yang ada pada diri kita masing-masing.
  5. Jangan berkecil hati, putus asa ataupun menyerah jika orang lain mengejek kita pada saat proses berubah menjadi lebiih baik ataupun gagal pada saat berusaha untuk berubah.
  6. Mintalah pendapat orang terdekat/orang lain untuk memberitahu/menilai apa saja sisi negatifmu yang terlihat oleh orang sekitar lalu hentikanlah sisi negatif tsb.
  7. Jangan berpura-pura atau berlagak diri kita sempurna/'perfect', dan jangan pula memakai 'topeng' agar disukai oleh orang-orang sekitar. Jadilah diri sendiri.
  8. Usahakan bergaul dengan setiap orang, jangan hanya bergaul dengan komunitas/tongkrongan saja, namun harus tetap waspada jika salah satu dari setiap orang tersebut tidak dalam jalur yang baik.
  9. Kenali sisi negatif yang hanya diketahui oleh diri anda sendiri dan ubahlah.
  10. Jangan pernah berkeluh-kesah kepada orang lain secara terus menerus, karna orang lain belum tentu suka mendengar keluh-kesah tentang kelemahan anda, mungkin mereka akan berpura-pura simpatik namun jauh dibalik kepura-puraan itu mereka tidak menyukainya karna berkeluh-kesah akan mengganggu pikiran mereka.
  11. Dan yang terakhir adalah, Berdoalah kepada Yang Maha Kuasa agar kita tetap mampu untuk mengembangkan kelebihan dan memperbaiki kekurangan yang ada pada diri kita.

Sekiranya itulah kesimpulan yang diartikan mengenali diri dan beberapa cara untuk mengenali diri dan menjadi diri yang lebih baik. 
Terimakasih
sumber:
link1
link2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar